PPSU Pejaten Barat Dilatih Tangani Kebakaran

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan mendapatkan pelatihan penanggulangan kebakaran di halaman kantor kelurahan setempat.

Kepala Regu Group C Pos Kebagusan Sektor IX Pasar Minggu Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Pipin Hanapiah mengatakan, pelatihan penanggulangan kebakaran hari ini diikuti 30 PPSU.

"Diharapkan ke depan mereka bisa memberikan pertolongan pertama jika terjadi peristiwa kebakaran," ujarnya

Menurutnya, pelatihan ini sudah kali kedua diberikan kepada petugas PPSU Kelurahan Pejaten Barat. Adapun bentuk pelatihan yang diberikan meliputi cara memadamkan api dengan alat modern maupun tradisional.

"Para PPSU perlu diberi bekal pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran dini. Karena mereka selama ini bekerja di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, pelatihan penanganan kebakaran modern dilakukan dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Sementara teknik penanganan kebakaran tradisional menggunakan karung, kain, selimut dan horden basah.

"Alat tradisional juga bisa digunakan tapi dibasahi terlebih dulu untuk menutup titik api yang belum terlalu besar," tandasnya.(pr/kj/al)